Makanan khas Palembang

Pempek

Jika berbicara mengenai palembang, yang pertama kali terbayang adalah pempek sebagai makanan khas palembang. Pempek terbuat dari daging ikan dan sagu atau tepung kanji yang biasanya dimodifikasi dengan tambahan, tahu, telur, udang, dan kulit telur. Pempek biasa disajikan bersama dengan saus cuka atau cuko pempek yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, udang ebi dan garam. Jenis pempek pun bermacam-macam, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek panggang, dan masih banyak lagi. Hayo yang mana menjadi favorit ?


Tekwan

Makanan khas palembang yang satu ini tidak kalah enaknya dari pempek. Resep makanan khas palembang ini hampir sama dengan pempek, hanya saja adonan yang hampir sama dengan pempek tadi dibentuk bulatan kecil dan disajikan dengan kaldu udang untuk kuahnya, ditambah daun seledri, taburan daun bawang, bawang goreng, jamur kuping, serta bihun. Mantap.


Kemplang

Cara membuat makanan khas palembang ini dilakukan dengan cara dibakar. Ada dua jenis kemplang, yaitu kemplang ikan dan kemplang sagu. Tekstur kemplang ikan lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu. Untuk menikmati kemplang biasanya dicocol pada saus merah.


Pecah Seribu alias Kerupuk Retak Seribu

Kerupuk makanan ringan khas palembang ini rasanya khas. Teksturnya seperti pecah atau retak. Kerupuk ini cocok dinikmati bersama nasi hangat atau sebagai pelengkap tekwan maupun model. Sungguh Nikmat.


Pindang Patin dan Pindang Tulang

Makanan khas palembang ini sangatlah terkenal. Pindang patin terdiri dari bagian kepala, badan, atau ekor. Sedangkan pindang tulang berisi iga sapi plus kuah pindang. Pindang ini rasanya sangat pedas. JIka anda pecinta rasa pedas, anda patut mencoba pindang ini.


Mie Celor

Mie celor makanan khas palembang yang satu ini disajikan bersama dengan kuah kental diberi tambahan daging, udang, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Mie celor dalam penyajiannya bisa ditambah dengan potongan telur ayam rebus.


Martabak HAR



Makanan khas palembang yang terkenal lainnya adalah martabak HAR. Martabak HAR dapat kamu temui di Jalan Protokol Sudirman. Martabak HAR hanya menggunakan telur dan disajikan dengan kari kambing dan kecap cabai.


Kue Lumpang

Makanan khas palembang yg satu ini dibuat dengan cara dikukus. Kue Lumpang ini berwarna hijau biasa disantap dengan taburan kelapa di atasnya. Dinamakan kue lumpang karena terdapat lubang di tengahnnya layaknya lumpang yang ada di dapur. Teksturnya pun empuk dan lembut, rasa manisnya cocok di lidah.


Lakso

Makanan khas kota palembang lakso atau laksa ini berbentuk layaknya mie. Lakso berbahan baku sama seperti burgo, hanya saja kuah lakso berbeda dengan kuah burgo. Lakso cocok disantap dengan celimpungan. Seperti apa ya rasa aslinya ?


Es Kacang Merah

Makanan khas palembang yang terkenal ini bisa membuat siapapun yang mencicipinya menjadi ketagihan. Biasanya es kacang merah diminum sebagai pendamping dari pempek.


Godo Godo

Makanan khas daerah palembang yang satu ini berbeda dengan gado-gado. Sebagian orang menyebut godo-godo sebagai pempek godo atau empek godo. Godo merupakan turunan dari pempek karena adonan asalnya sama dengan pempek. Hanya saja godo-godo tidak memakai daging ikan, melainkan memakai udang. Godo-godo yang disantap dengan kuah cuko pempek menjadikannya dikenal sebagai godo pempek. Kamu bisa menemukan godo-godo dijual oleh para pedagang kaki lima dengan gerobaknya di pinggir-pinggir jalan kota Palembang.


Laksan

Makanan khas dari palembang ini berbahan baku tepung sagu dan ikan. Laksan sejatinya adalah pempek lenjer yang dipotong melintang agak tebal dan disajikan bersama dengan kuah santan kental pedas.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Makan di Semarang Yang Lezat dan Murah

Tempat Wisata Kuliner Keren & Unik di Bogor

Tempat Makan Enak di Jogja untuk Wisata Kuliner